Renungan Tasauf [Cuplikan Buku]


Buku dengan judul "Renungan Tasauf" ini ditulis oleh Hamka, seorang ulama dan penulis terkemuka di Indonesia. Penulis berdarah minang ini telah memulai karier kepenulisannya di masa kolonial. Karyanya yang paling terkenal adalah "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck."

"Renungan Tasauf" adalah kumpulan tulisan dan ceramah Hamka yang kemudian dibukukan dan diterbitkan oleh Penerbit Panjimas Jakarta pada 1985, beberapa tahun setelah beliau meninggal dunia.

Artikel dalam buku ini di antaranya bersumber dari tulisan Hamka di Majalah Indonesia, Panji Masyarakat dan ceramah-ceramah beliau di berbagai forum. 

Buku berukuran kecil ini memiliki ketebalan 131 halaman. Gaya tulisan dalam buku ini adalah khas Hamka yang puitis sekaligus religius.

Beberapa judul tulisan yang dikumpulkan dalam buku ini adalah: Akal dan Khayal, Kewajiban dan Akhlak Kaum Muslimin Dalam Bernegara, Agama Ialah Cinta, Di antara Cinta dan Fanatik, Kepercayaan dan Pengetahuan, Lailatul Qadr, Untuk Jadi Perbandingan, Pemimpin Agama, Antara Doa dan Derita, Uzlah. 

"Akal laksana sentral listrik dalam pribadi insani, yang harus dipenuhi dengan waterkracht (tenaga air) dan bahan lain, sehingga menimbulkan nyala pada lampu-lampu pancaindra."

Renungan Tasauf, hal. 1

Selamat membaca! 

Renungan Tasauf [Cuplikan Buku] Renungan Tasauf [Cuplikan Buku] Reviewed by Khairil Miswar on October 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Buku Lainnya

recentposts
Powered by Blogger.