Bung Karno Masa Muda [Cuplikan Buku]


Buku dengan judul "Bung Karno Masa Muda" ini disusun oleh S. Saiful Rahim dan ditulis ulang oleh Jajak MD. Buku berukuran kecil dengan 136 halaman ini pertama kali diterbitkan Penerbit Antar Kota pada 1978.

Buku ini mengisahkan tentang kehidupan masa muda yang dilalui Soekarno, Presiden RI pertama yang lebih dikenal dengan Bung Karno. 

Di antara kisah yang diangkat adalah ketika Soekarno menjalani pendidikan di HBS. Dari 300 siswa saat itu, hanya 20 orang yang pribumi, termasuk Soekarno, sementara selebihnya adalah anak-anak Belanda. 

Saat itu, siswa-siswa pribumi sering diejek oleh anak-anak Belanda.  Namun sebagai siswa yang lumayan nakal dan nekat, banyak noni-noni Belanda yang menyukai Soekarno.

Saat itu, beberapa siswa Belanda juga sempat berkelahi dengan Soekarno. Waktu itu ada seorang siswa yang tubuhnya lebih besar mengadang Soekarno di sebuah gang. Siswa itu menutupi gang agar tidak bisa dilewati Soekarno. Namun Soekarno pura-pura tidak tahu. 

Soekarno mencoba melawan anak Belanda itu, tapi mereka berhasil memegang kerah bajunya. Soekarno pun ditonjok hidungnya sampai berdarah. Meskipun kalah, Soekarno terus melawan. 

Selain kisah itu masih banyak kisah lainnya yang disajikan dalam buku ini yang menunjukkan keberanian dan kepemimpinan sosok Soekarno. 

Selamat membaca! 



Bung Karno Masa Muda [Cuplikan Buku] Bung Karno Masa Muda [Cuplikan Buku] Reviewed by Khairil Miswar on October 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Buku Lainnya

recentposts
Powered by Blogger.