Pantja Azimat Revolusi [Cuplikan Buku]


Buku dengan judul "Pantja Azimat Revolusi" berisi ajaran Bung Karno tentang lima azimat revolusi. Buku ini diterbitkan oleh Penerbitan Grip Surabaja pada tahun 1965. Buku kecil ini memiliki ketebalan 203 halaman. 

Dalam buku ini terdapat penjelasan Bung Karno tentang ideologi Nasakom, Pantjacila, Manipol/ Usdek, Trisakti Tavin dan Berdikari. Buku ini masih menggunakan ejaan lama. 

Ajaran Nasakom dicetuskan Bung Karno pada 1926 dan tercantum dalam buku ajaran-ajaran Bung Karno yang berjudul "Di Bawah Bendera Revolusi." Adapun judul aslinya adalah "Nasionalisme, Islamisme dan Marxisme.

Tulisan dengan judul "Nasionalisme, Islamisme dan Marxisme" ini pertama kali terbit di Suluh Indonesia Muda pada 1926.

Dalam tulisan ini, Soekarno mengulas tentang Islamisme dan perjuangan Jamaluddin al-Afghani dalam memperjuangkan Pan Islamisme untuk melawan kolonialisme dalam dunia Islam. 

Soekarno juga menjelaskan bahwa Islam yang sejati tidak anti kepada Nasionalisme dan Marxisme. Bahkan dia menyatakan bahwa umat Islam yang masih membenci nasionalisme dan Marxisme itu adalah orang Islam yang tidak berdiri pada Sirathal Mustaqim. 

Soekarno menegaskan bahwa tidak ada halangan untuk mempersatukan Islamisme dan Marxisme. Dan bahkan dia menggagas ideologi yang menurutnya cocok untuk Indonesia, yaitu Nasakom

Bagian lainnya dalam buku ini juga berisi pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 tentang sejarah lahirnya Pancasila.

Pantja Azimat Revolusi [Cuplikan Buku] Pantja Azimat Revolusi [Cuplikan Buku] Reviewed by Khairil Miswar on October 12, 2020 Rating: 5

No comments:

Buku Lainnya

recentposts
Powered by Blogger.