Tantangan Kristenisasi dan Sekularisasi [Cuplikan Buku]


Buku dengan judul "Umat Islam Menghadapi Tantangan Kristenisasi dan Sekularisasi"  berasal kumpulan tulisan yang ditulis oleh Hamka pada era 1960 dan 1970an. 

Saat itu, di Indonesia sedang gencar-gencarnya kegiatan penyebaran Kristenisasi yang dilakukan Kristen Katholik dengan cara memberikan sumbangan kepada fakir miskin, korban bencana alam dan bahkan melakukan kunjungan ke rumah-rumah orang Islam untuk dimurtadkan. 

Hamka yang saat itu menjadi Imam Masjid Agung Al-Azhar selalu mengingatkan umat akan bahaya Kristenisasi. 

Buku kecil berisi 79 halaman ini adalah jawaban dan pemikiran Hamka terkait maraknya gerakan Kristenisasi saat itu. 

Buku ini diedit oleh anak Hamka, Rusydi Hamka dan diterbitkan oleh Pustaka Panjimas pada tahun 2003. 

Dalam buku itu, Hamka menulis:

"Upaya penyiaran Kristen atau memurtadkan umat Islam itu dengan jelas dinyatakan oleh seorang zending Kristen bernama Dr. Sijabat yang mengatakan bahwa objek yang hendak dikristenkan itu tidak lain memanglah umat Islam Indonesia sendiri. Maka untuk menggoncangkan, melemahkan serta menimbulkan keraguan umat Islam terhadap agamanya, anggota-anggota zending dan misi itu memakai cara yang agresif sekali. Mereka ajak pemuda Islam bertukar pikiran dalam soal-soal ibadat atau kepercayaan, sehingga kalau pemuda itu tidak mengetahui pokok ajaran agamanya, tentulah akan lemah imannya, dan mudahlah mengajaknya murtad dari agamanya dan masuk Kristen."

Selamat membaca! 

Tantangan Kristenisasi dan Sekularisasi [Cuplikan Buku] Tantangan Kristenisasi dan Sekularisasi [Cuplikan Buku] Reviewed by Khairil Miswar on October 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Buku Lainnya

recentposts
Powered by Blogger.